Model Bisnis Usaha Tanaman Florikultura (Studi Kasus di Pengusaha Tanaman Florikultura Aulia Nur Seli, Desa Cihideung, Kecamatana Parongpong, Kabupaten Bandung Barat)
Main Author: | Angginiwati, Mitha Restu |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16287 |
Daftar Isi:
- Usaha tanaman florikultura merupakan usaha sub sektor pertanian yang saat ini telah berkembang di berbagai daerah dan berperan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Salah satu lokasi pusat usaha tanaman florikultura terbesar di Indonesia berada di Bandung, Jawa Barat. Taman Bunga Cihideung, Bandung Barat merupakan salah satu sentra pemasaran dan pengembangan tanaman florikultura di Bandung, terdapat banyak lahan tanaman yang menawarkan berbagai macam jenis tanaman florikultura. Aulia Nur Seli merupakan salah satu pemilik lahan di Taman Bunga Cihideung dan merupakan salah satu produsen tanaman florikultura terbesar. Selama menjalankan usahanya, Aulia Nur Seli memiliki beberapa kekurangan yang akhirnya menjadi kendala perusahaan. Permasalahan utama yang selalu terjadi adalah perusahaan selalu tidak dapat memenuhi permintaan konsumen. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi model bisnis di Aulia Nur Seli untuk mengetahui bagaimana Aulia Nur Seli menjalankan bisnisnya selama ini. Model bisnis kanvas menjadi alat analisis yang menggambarkan kegiatan bisnis Aulia Nur Seli melalui sembilan elemen penting dalam model bisnis. Pada penggambaran model bisnis yang dilakukan ternyata segmen pelanggan dari Aulia Nur Seli adalah konsumen akhir dan pedagang. Kemudian proposisi yang ditawarkan berupa tanaman florikultura dengan kualitas baik dan jasa berupa rental tanaman florikultura dan desain taman. Sebagai saluran penjualan, Aulia Nur Seli menggunakan saluran secara langsung dan tidak langsung untuk menjangkau pelanggannya. Kemudian hubungan dengan pelanggan yang dilakukan bersifat layanan personal. Elemen revenue stream dari Aulia Nur Seli berupa penjualan produk tanaman florikultura, jasa rental tanaman, dan desain taman. Selanjutnya, sumber daya utama yang dimiliki berupa aset fisik, sumber daya manusia, dan finansial. Aktivitas kunci berupa produksi dan pemasaran, kemitraan dengan pemasok. Pada elemen yang terakhir yang berupa cost structure berisi tentang biaya tetap dan biaya variabel.