Gaya Hidup Kaitannya dengan Keputusan Konsumen dalam Membeli Minuman Kopi (Survei pada Konsumen Noahs Barn Coffeenery Cabang Garuda Kota Bandung)

Main Author: Yulianti, Yanti
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16271
Daftar Isi:
  • Berdasarkan data dari International Coffee Organization, pada tahun 2016, Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia. Tren pasar kopi dalam negeripun terus mengalami peningkatan. Konsumsi kopi per kapita Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan tingkat pendapatan per kapita penduduk yang terus meningkat dan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin menyukai aktivitas minum kopi di coffee shop. Coffee shop dipandang sebagai salah satu manifestasi dari gaya hidup modern serta kelas sosial sebagian masyarakat perkotaan. Noah’s Barn merupakan salah satu coffee shop yang menghadapi berbagai ancaman dari pesaing. Oleh karena itu, Noah’s Barn perlu memahami apa kebutuhan konsumen, apa yang menjadi seleranya, dan bagaimana konsumen membuat keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya hidup konsumen Noah’s Barn, mengetahui proses keputusan pembelian konsumen Noah’s Barn, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup terhadap keputusan konsumen di Noah’s Barn. Terdapat dua sifat dalam penelitian ini, yaitu deskriptif dan inferensial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi seluruh konsumen yang mengunjungi Noah’s Barn dengan teknik pengambilan sampel systematic random sampling, dan jumlah sampel adalah sebanyak 100 orang. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Noah’s Barn. Variabel gaya hidup mampu menjelaskan variasi keputusan pembelian sebesar 32,1% dan selebihnya sebesar 67,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.