Strategi Bisnis Keripik Ubi Cilembu (Studi Kasus Keripik Ubi Cilembu MaUtik di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat)

Main Author: Aprilianti
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16264
Daftar Isi:
  • MaUtik adalah industri rumahan yang mengolah aneka produk olaha berbahan dasar ubi cilembu. Pendekatan model bisnis merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan suatu organisasi. Penerapan model bisnis yang tepat dapat mengembangkan dan meningkatkan pemasukan serta pendapatan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi masalah, pemetaa dan menemukan alternatif strategi bisnis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan menggunakan pendekatan sembilan blok business model canvas dan alat analisis SWOT. Informasi yang digunakan berdasarkan observasi, wawancara, dokumen, dan triangulasi. Data yang digunakanialah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari key informan yang ditentukan secara sengaja (purposive). Informan selanjutnya dipilih dengan teknik snowball sampling dan akan berkembang hingga data jenuh (homogen). Kriteria dari pemilihan informan adalah orang yang mengetahui, terlibat, atau berperan dalam bisnis keripik ubi cilembu MaUtik, sedangkan data sekunder bersumber dari studi pustaka yang dilakukan. Perluasan segmentasi pelanggan dan peningkatan aktivitas pemasaran akan memengaruhi peningkatan pendapatan. Pemasaran merupakan key activities yang dilakukan secara optimal. Penyampaian value proposition yang baik akan memengaruhi customer relationship dan key partnership. Channels yang terintegrasi akan memengaruhi revenue steam dan cost structure yang terbentuk. Penambahan jumlah customer segments dan pengelolaan key resources menjadi alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh MaUtik.