Strategi Pengembangan Bisnis Anggrek (Studi Kasus Antika Anggrek, Taman Anggrek Indonesia Permai, Jakarta Timur)

Main Author: Almadia, Devina Sela
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16251
Daftar Isi:
  • Anggrek merupakan jenis tanaman hias yang dikenal memiliki keunggulan daripada jenis bunga-bunga lainnya,yaitu bunganya mudah dirawat, tidak mudah layu dan memiliki banyak variasi. Di Indonesia, anggrek merupakan komoditas tanaman hias yang angka permintaannya cukup tinggi, sehingga memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan dalam bentuk usaha lokal. Salah satu provinsi yang memiliki angka produktivitas anggrek yang tinggi adalah DKI Jakarta. Taman Anggrek Indonesia Permai (TAIP), Jakarta Timur merupakan salah satu sentra pemasaran dan pengembangan tanaman anggrek di DKI Jakarta dan disana terdapat 20 kavling yang disewakan bagi para petani dan pengusaha anggrek. Antika Anggrek adalah salah satu pemilik kavling di TAIP dan merupakan salah satu agen dari PT.Eka Karya Graha Flora. Selama menjalankan bisnisnya, Antika Anggrek mengalami kendala baik dari lingkungan internal dan eksternal. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi model bisnis kanvas di Antika Anggrek, merumuskan strategi alternatif yang didasarkan pada faktor-faktor internal dan eksternal di lingkungan bisnis di Antika Anggrek dan menetapkan strategi utama yang bisa diterapkan oleh Antika Anggrek. Berdasarkan hasil analisis matriks IE, Antika Anggrek berada pada kuadran 2, yaitu kondisi menunjukkan Tumbuh dan Kembangkan yang artinya menerapkan strategi yang fokus untuk penetrasi pasar dan pengembangan produk. Analisis SWOT yang dilakukan menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat di terapkan oleh Antika Anggrek. Hasil QSPM menunjukkan bahwa strategi lebih prioritas untuk diterapkan oleh Antika Anggrek adalah Meningkatkan jumlah pasokan anggrek dengan menambah lahan anggrek dan menambah mitra supplier.