Analisis Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan

Main Author: Aris
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/1620
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris bagaimana pengaruh variabel profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2008 sampai dengan 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu. Berdasarkan kriteria tersebut didapat 10 perusahaan. Penelitian dilakukan selama periode 2008-2012. Sehingga diperoleh 50 data observasi. Analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pada tingkat signifikansi 5%, secara simultan variabel profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal perusahaan. Sedangkan secara parsial yang berpengaruh signifikan terhadap struktur modal adalah Profitabilitas dan ukuran perusahaan. Sedangkan struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan.