ANALISIS STRATEGI BISNIS DAN KOMUNIKASI PADA CV THREE MOUNTAINS DI DESA PULOSARI, KECAMATAN PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG

Main Author: Thealita, Anna
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16186
Daftar Isi:
  • Salah satu sumberdaya alam yang dimiliki Indonesia adalah subsektor perkebunan sebagai bagian integral dari sektor pertanian. Salah satu komoditas unggulan dalam subsektor perkebunan di Indonesia adalah kopi (Coffea sp.). Dan perusahaan yang memproduksi kopi sendiri adalah CV Three Mountains yang berdomisili di Pangalengan Kabupaten Bandung dan bermitra dengan petani mitra dengan pola inti plasma. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mengetahui strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan pada CV Three Mountains guna memperbaiki masalah kehilangan pasar yang dialami. (2) Mengetahui strategi komunikasi yang tepat untuk diterapkan pada CV Three Mountains guna mengatasi masalah ketidakdisiplinan yang dilakukan oleh petani mitra. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan dua alat analisis yaitu; (1) Analisis strategi bisnis untuk menemukan strategi yang tepat untuk diterapkan pada perusahaan, serta (2) Analisis deskriptif yang digunakan untuk menemukan strategi komunikasi yang tepat. Hasil penelitian ini menunjukkan alternatif strategi bisnis yang paling tepat untuk diterapkan pada CV Three Mountains adalah Penetrasi Pasar dan strategi komunikasi yang dapat perusahaan terapkan untuk mengatasi masalah ketidakdisiplinan petani mitra adalah dengan menerapkan komunikasi verbal dengan metode komunikasi instruktif yang dimanifestasikan dalam bentuk perjanjian dalam kemitraan yang dilegalkan.