Analisis Efisiensi Pemasaran Bunga Mawar Potong (Studi Kasus di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat)
Main Author: | Ridhawardani, Armenia |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16158 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK ARMENIA RIDHAWARDANI. 2016. ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUNGA MAWAR POTONG (Studi Kasus di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat). Dibawah bimbingan PANDI PARDIAN. Mawar potong merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki prospek bisnis di Bandung Barat. Saluran pemasaran yang panjang dan harga yang cenderung fluktuatif menyebabkan harga di tingkat petani relatif kecil. Penelitian mengenai analisis efisiensi pemasaran di Desa Kertawangi bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi pemasaran, perilaku pasar dan menganalisis efisiensi pemasaran. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan teknik studi kasus. Penentuan responden petani menggunakan metode purposive sebanyak 14 orang dan responden lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Analisis yang digunakan untuk mengetahui efisiensi pemasaran mawar potong adalah marjin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan terhadap biaya, indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran dengan jenis saluran, lembaga, fungsi, dan perilaku pasar yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, saluran pemasaran III (Petani – Pedagang Pengecer – Konsumen) merupakan saluran yang lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran I dan II. Kata kunci: Mawar potong, efisiensi pemasaran, teknis, ekonomis