ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PISANG (Musa paradisiaca L.) DI KELURAHAN CICADAS KECAMATAN CIBEUNYING KIDUL KOTA BANDUNG

Main Author: Ratnaeni, Renny Arfia
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16131
Daftar Isi:
  • Pisang merupakan buah yang diminati masyarakat Indonesia karena harga yang relatif murah dan mudah diperoleh. Selain itu, kontribusi produksi pisang dalam data buah-buahan nasional cukup tinggi mencapai lebih dari 30%. Walaupun demikian, permintaan pisang rata-rata per kapita cenderung menurun. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, seperti pendapatan, harga buah substitusi dan faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pisang di Kelurahan Cicadas. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dengan teknik penelitian adalah survei deskriptif menggunakan bantuan kuesioner. Pengambilan sampel dengan metode multistage random sampling. Data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian mengenai karakteristik permintaan pisang yaitu, pembelian pisang rata-rata sebanyak 1,5 kg sekali pembelian, dilakukan 6 kali dalam sebulan, harga pisang Rp 6.000, harga buah substitusi (pepaya) Rp 6.000, pendapatan masyarakat rata-rata Rp 2,5 juta. Persamaan Y = 2,792 - 0,001X1 + 0,001X2 + 0,001X3 + 0,318X4 + 3,918X5 didapatkan dari analisis regresi linier berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pisang. Namun, hasil ini merupakan regresi pisang ambon lumut dengan harga substitusi (pepaya) dikarenakan merupakan buah mayoritas yang dikonsumsi. Pada uji t dinyatakan harga pisang ambon lumut, pendapatan, dan selera masyarakat berpengaruh signifikan, sedangkan harga pepaya dan jumlah anggota keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan pisang ambon lumut di Kelurahan Cicadas.