Pengukuran Kualitas Jasa Supplier Buah Apel Segar Lokal dan Impor di Ritel Modern

Main Author: Azmiko, M Luthfi
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16072
Daftar Isi:
  • ABSTRAK MUHAMMAD LUTHFI AZMIKO, 2015. Judul Penelitian : Pengukuran Kualitas Jasa Supplier Buah Apel Segar Lokal dan Impor di Ritel Modern. (Suatu Kasus di Toserba Yogya/Griya). Di bawah bimbingan HESTY NURUL UTAMI. Apel merupakan buah segar yang harus tersedia setiap hari untuk dijual tanpa mengenal musim di ritel modern karena buah apel merupakan salah satu buah yang digemari masyarakat. Adanya isu keberadaan apel berbakteri di ritel modern membuat Toserba Yogya/Griya membatasi seluruh kuota buah apel segar dalam pendistribusian suppliernya. Hal ini perlu ditinjau ulang dengan mengukur nilai kualitas jasa supplier buah apel segar lokal dan impor di Toserba Yogya/Griya. Penelitian dilakukan di gerai Toserba Yogya/Griya yang ada di Kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kuantitatif dengan teknik penelitian yang digunakan adalah suatu kasus. Pengambilan sampel yang digunakan adalah metode cluster sampling. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan metode service quality (servqual) gap 5 dan uji tanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas jasa yang berupa bukti fisik (tangibles) supplier buah apel segar lokal memiliki nilai gap terbesar, sedangan pada supplier buah apel segar impor adalah atribut bukti fisik (tangibles) dan empati (empathy). Kesenjangan antara harapan dan kenyataan kualitas jasa masih terdapat pada supplier buah apel segar lokal dan kualitas jasa supplier buah apel segar impor dengan gap yang lebih kecil, serta tidak ada perbedaan yang signifikan antara kualitas jasa kedua supplier.