Perilaku Pembelian Serta Kepuasan Konsumen Sayuran Organik (Pada Hypermarket Lotte Mart Festival Citylink, Bandung)

Main Author: Rizkiansyah, Riky
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16060
Daftar Isi:
  • Adanya Peningkatan pendapatan serta kesadaran akan kesehatan membuat adanya perubahan pola makan ke makanan yang lebih sehat. Hal ini yang membuat konsumen mulai beralih dari mengkonsumi sayuran non organik menjadi sayuran organik. Terjadinya peningkatan permintaan sayuran organik mendorong ritel modern untuk memenuhi permintaan tersebut. Akan tetapi dalam pelaksanaanya seringkali masih ada sisa penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perilaku pembelian sayuran organik (2) Menganalisis kepuasan konsumen sayuran organik. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dengan teknik penelitian survey. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desktiptif dan analisis tabulasi silang/cross tab. Riset dilakukan di Lotte Mart Festival Citylink, Bandung. Ukuran Sampel riset adalah 42 orang responden. Pengambilan sampel menggunakan metode systematic Random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Konsumen sayuran organik didominasi oleh perempuan, berusia antara 31-40 tahun, sudah menikah, berpendidikan sarjana, pekerjaan ibu rumah tangga, berpendapatan 1,5 sampai 3,5 juta rupiah serta memiliki anggota keluarga serumah 3 orang. Sayuran organik paling sering dibeli adalah kangkung. Frekuensi pembelian terbanyak adalah empat kali/bulan dengan kuantitas 2 pack/pembelian. Responden sudah biasa mengkonsumsi sayuran organik dan 81% diantaranya membeli karena alasan kesehatan. 86% responden memilih berbelanja di pasar modern. (2)Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas sayuran dan pelayanan di Lotte Mart Festival Citylink sebesar 76%.