Bauran Pemasaran dan Pertumbuhan Penjualan Kopi Luwak Arabika Malabar Mountain

Main Author: Ramdhayani, Ghina Davita
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16059
Daftar Isi:
  • GHINA DAVITA RAMDHAYANI. 2015. Bauran Pemasaran dan Pertumbuhan Penjualan Kopi Luwak Arabika Malabar Mountain (Studi Kasus di PT. Sinar Mayang Lestari, Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat). Di bawah bimbingan DHANY ESPERANZA. Kopi luwak merupakan salah satu upaya meningkatkan nilai tambah komoditas kopi, di samping komoditas kopi reguler Arabika dan kopi reguler Robusta. PT. Sinar Mayang Lestari adalah salah satu perusahaan yang memproduksi, menangani sendiri kegiatan produksi kopi luwak dari hulu sampai hilir dan telah berhasil membudidayakan binatang luwak secara mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) diperoleh gambaran bauran pemasaran Kopi Luwak Arabika Malabar Mountain (2) mengidentifikasi dan menganalisis saluran pemasaran Kopi Luwak Arabika Malabar Mountain yang paling efisien (3) mengidentifikasi dan menganalisis pertumbuhan penjualan Kopi Luwak Arabika Malabar Mountain. Penelitian dilakukan di PT. Sinar Mayang Lestari yang berlokasi di Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kualitatif, sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan alat analisis efisiensi pemasaran dan analisis trend. Hasil penelitian menunjukkan produk kopi luwak yang dijual dengan jenis greenbeans coffee, roasted coffee, dan grounded coffee dengan berbagai ukuran dengan harga yang kompetitif dan kegiatan promosi yang dilakukan masih belum efektif. Terdapat tiga pola saluran pemasaran untuk Kopi Luwak Malabar Mountain, dilihat dari farmer’s share ketiga saluran pemasaran tergolong efisien. Pertumbuhan penjualan satu tahun terakhir memiliki trend positif.