STRATEGI BAURAN PEMASARAN di MALABAR MOUNTAIN CAFE

Main Author: Pratiwi, Dita Adhianty
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16054
Daftar Isi:
  • Malabar Mountain Cafe adalah cafe yang bahan baku kopinya dipasok langsung dari kebun kopi di Pangalengan. Tingkat persaingan usaha antar cafe sekarag ini semakin tinggi sehingga menyebabkan volume penjualan Malabar Mountain Cafe yang fluktuatif. Untuk menghadapi persaingan bisnis antar kedai kopi modern ini diperlukan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kategori usaha dari Malabar Montain Cafe, mengetahui strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Malabar Mountain Cafe, dan mengetahui apakah strategi bauran pemasaran yang diterapkan di Malabar Mountain Cafe sudah tepat pada kondisi saat ini. Penelitian dilakukan di Malabar Mountain Cafe Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kuantitatif dan kualitatif dengan teknik penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penentuan informan ditentukan dengan cara sengaja memperhatikan pertimbangan tertentu. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis matriks IFE, EFE, dan IE. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa Malabar Mountain Cafe adalah kategori usaha menengah. Jumlah produk yang ditawarkan cukup beragam dengan harga cukup kompetitif. Cafe berada di lokasi yang kurang strategis dan promosi yang dilakukan belum optimal. Skor matriks EFE sebesar 2,92, yang terbilang sedang dalam memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman dan IFE sebesar 2,95 yang terbilang sedang untuk mengatasi kelemahan perusahaan. Berdasarkan analisis matriks IE, cafe berada pada sel V dengan strategi yang diambil adalah strategi menjaga dan mempertahankan yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk.