Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan Paprika (Capsicum annum var. Grossum) Berorientasi Ekspor
Main Author: | Sihombing, Midun L |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16044 |
Daftar Isi:
- MIDUN LINTANG SIHOMBING. 2014. Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan Paprika (Capsicum anuum var. grossum) Berorientasi Ekspor (Studi Kasus di Kelompok Tani Dewa Family, Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat). Di bawah bimbingan AGRIANI HERMITA SADELI. Permintaan paprika yang relatif tinggi di Singapura akan membuka peluang bagi pelaku usaha paprika dalam negeri untuk memasarkan paprikanya ke Singapura melalui eksportir yaitu PT. Alamanda Sejati Utama. Eksportir bekerjasama dengan kelompok tani Dewa Family dan juga dengan beberapa kelompok tani lainnya untuk memenuhi pasokan paprika. Peluang untuk melakukan kerjasama antara pelaku usaha paprika dengan eksportir terbuka luas sehingga akan menimbulkan terjadinya persaingan diantara pelaku usaha paprika. Pelanggan akan beralih ke pelaku usaha lain apabila pelanggan tidak merasa loyal atas kerjasama yang telah dibangun. Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan paara pemangku kepentingan (stakeholders) atau dikenal dengan model enam pasar akan menciptakan loyalitas pelanggan. Relationship marketing merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan relationship marketing dan bagaimana loyalitas pelanggan paprika berorientasi ekspor, dan mengetahui kendala penerapan relationship marketing. Penelitian dilaksanakan di Kelompok Tani Dewa Family, Desa Cisarua, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara langsung, dan studi kepustakaan. Desain penelitian adalah deskriptif kualitatif dan teknik penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah kerjasama yang dilakukan oleh kelompok tani Dewa Family dengan pihak eksportir berjalan dengan baik dengan terciptanya komitmen dan kepercayaan yang dibangun oleh kedua belah pihak. Selama melakukan kerjasama, eksportir merasa puas dan loyal dengan pelayanan yang diberikan oleh kelompok tani. Kelompok tani dapat memenuhi permintaan pihak eksportir dan berkomitmen atas perjanjian kontrak. Hubungan yang dijalin tidak hanya hubungan bisnis saja, melainkan lebih kepada hubungan emosional. Meskipun hubungan kerjasama sudah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa hal yang harus dibenahi agar kerjasama dapat terus berlanjut. Hal yang harus dibenahi adalah pasokan yang belum konsisten serta masih terdapat reject dari pihak eksportir