Analisis Ekuitas Merek Sunpride dan Implikasinya terhadap Bauran Pemasaran
Main Author: | Marin, Annisaa Novita |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/16012 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK ANNISAA NOVITA MARINES. 2014. Analisis Ekuitas Merek Sunpride dan Implikasinya terhadap Bauran Pemasaran. Dibimbing oleh ZUMI SAIDAH. Peningkatan konsumsi terhadap produk buah merupakan sebuah peluang sekaligus meningkatkan persaingan. Persaingan yang terjadi saat ini bukan hanya persaingan produk melainkan juga persaingan persepsi konsumen. Salah satu strategi untuk membangun persepsi konsumen adalah dengan membangun ekuitas merek yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis ekuitas merek Sunpride dan bagaimana implikasinya terhadap bauran pemasaran. Analisis yang digunakan adalah analisis pada masing-masing elemen ekuitas merek Sunpride. Hasil penelitian yang dilakukan pada lima ritel modern di Kota Bandung dengan objek penelitian elemen ekuitas merek Sunpride; kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, dan loyatitas merek yaitu (a) Elemen kesadaran merek Sunpride sudah cukup baik dengan menjadi top of mind di benak konsumen. (b) Elemen asosiasi merek diketahui brand image Sunpride yang terbentuk yaitu harga terjangkau, rasa buah manis, warna buah menarik, mudah didapat, dan menyehatkan tubuh. (c) Elemen kesan kualitas, dengan skala sematik diketahui kesan kualitas terendah adalah pada atribut harga. Dengan analisis IPA, atribut kesegaran berada pada kuadran satu yang berarti harus dilakukan perbaikan. (d) Analisis elemen loyalitas merek Sunpride belum dapat membentuk piramida terbalik secara sempurna. Implikasi terhadap bauran produk berdasarkan analisis ekuitas merek yaitu kebanyakan konsumen hanya mengetahui produk jenis pisang cavendis, brand image yang terbentuk belum kuat dan kesan kualitas terhadap kesegaran produk masih rendah. Pada bauran harga, konsumen mengharapkan harga yang lebih terjangkau lagi. Pada bauran tempat, konsistensi ketersedian berbagai jenis produk mempengaruhi kesadaran konsumen terhadap jenis-jenis produk. Pada bauran promosi, strategi yang dilakukan saat ini belum membentuk brand image sebagai merek terkenal. Kata kunci: Ekuitas merek, Sunpride, Bauran pemasaran.