MANAJEMEN RISIKO PEMASARAN PAPRIKA (Capsicum annuum var. Grossum L.) DALAM MEMENUHI PERMINTAAN DALAM NEGERI (Studi Kasus Di Dewa Family, Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat)

Main Author: Damanik, Dian N K
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/15980
Daftar Isi:
  • Paprika merupakan produk unggulan yang diproduksi oleh Dewa Family. Dewa Family menjalin kerjasama dengan distributor, restoran, eksportir dan pasar tradisional . Belum terpenuhinya paprika di Dewa Family untuk permintaan dalam negeri (pasar lokal) disebabkan pemasaran belum berjalan baik yang dipengaruhi tiga faktor penting yaitu kualitas, kuantitas dan kontinuitas untuk keberlanjutan usaha pemasaran. Hal itu merupakan risiko yang harus dihadapi oleh Dewa Family. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keragaan pemasaran, mengidentifikasi risiko serta pengendalian risiko pemasaran paprika yang dilakukan Dewa Family.Objek penelitian ini adalah manajemen risiko pemasaran paprika (Capsicum annuum var. Grossum L.)dalam memenuhi permintaan dalam negeri. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Untuk menganalisis keragaan pemasaran dan identifikasi risiko digunakan analisis deskriptif, analisis penilaian risiko digunakan Analytical Hirarchy Process (AHP) dan analisis pengendalian risiko digunakan metode Fish Bone. Keragaan pemasaran paprika di Dewa Family meliputi produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi. Berdasarkan Analytical Hirarchy Process (AHP), bobot kriteria kualitas mempunyai nilai terbesar (0,3944) dibanding kriteria lainnya. Pada kriteria kualitas, sub kriteria rusak mempunyai nilai terbesar (0,5670) dibanding sub kriteria lainnya. Untuk pengendalian risiko berdasarkan metode Fish Bone, risiko kualitas paprika lebih banyak karena rentan rusak/cacat/ busuk dengan penyebab dilihat dari lingkungan, manusia, metode dan manajemen.