Perilaku Pembelian Konsumen Sayuran Organik

Main Author: Bahtiar, Ayi Rizmawan
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/15936
Daftar Isi:
  • ABSTRAK AYI RIZMAWAN BAHTIAR. 2014. Perilaku Pembelian Konsumen Sayuran Organik (Studi Kasus di Lotte Mart Festival City Link Bandung). Di bawah bimbingan ELLY RASMIKAYATI. Pertanian organik merupakan sektor pertanian yang sedang berkembang seiring dengan meningkatnya pola konsumsi sayuran organik. Hal itu perlu dicermati oleh produsen maupun retail yang berdampak adanya persaingan, peluang dan potensi untuk memenuhi permintaan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses penjualan sayuran organik serta gambaran perilaku konsumen di pasar ritel modern terhadap pembelian pada komoditas sayuran organik di Lotte Mart Festival City Link Bandung. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan tehnik penelitian studi kasus. Alat analisis yang digunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan proses, masalah serta potensi penjualan sayuran organik dan analisis tabulasi silang untuk menganalisis karakteristik perilaku pembelian konsumen sayuran organik. Proses penjualan sayuran organik terdiri dari 2 kemasan, kemasan dari supplier dan kemasan dari Lotte Mart, sayuran organik yang paling diminati adalah caisim organik. Harga masih kurang sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen dan promosi melalui promosi langsung dan melalui website resmi. Permasalahan kurangnya varian produk dan penempatan display antara sayuran organik dengan hidroponik dalam display yang sama serta potensi letak ritel yang strategis sehingga akses lebih dekat. Perilaku konsumen sayuran organik di Lotte Mart Festival City Link mayoritas konsumen berbelanja >4 kali dalam sebulan dengan alasan untuk memenuhi kebutuhannya dan kebutuhan keluarganya. Banyaknya pembelian mayoritas >1000 gram dalam sebulan, Semakin sering atau semakin banyak responden mengkonsumsi sayuran organik maka semakin sering juga responden berbelanja. Responden memilih Lotte Mart Festival City Link sebagai tempat untuk mendapatkan produk sayuran organik dengan alasan letak ritel yang strategis, dekat dengan perumahan dan akses untuk ke lokasi mudah. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Sayuran Organik, Ritel Modern