Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Keputusan Petani Dalam Memasarkan Produk Mangga Gedong Gincu (Mangifera indica L.) untuk di Ekspor (Studi Kasus Pada Petani Mangga Gedong Gincu di Desa Pasirmuncang Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka)

Main Author: Thunggalia, Rocky
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/15900
Daftar Isi:
  • ABSTRAK ROCKY THUNGGALIA. 2013. Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Keputusan Petani Dalam Memasarkan Produk Mangga Gedong Gincu (Mangifera indica L.) untuk di Ekspor (Studi Kasus Pada Petani Mangga Gedong Gincu di Desa Pasirmuncang Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka). Di bawah Bimbingan LIES SULISTYOWATI. Komoditas mangga gedong gincu merupakan komoditas yang berbeda dari jenis mangga yang lainnya, karena merupakan mangga yang matang dipohon. Pemilihan alur pemasaran yang di pilih petani dalam menjual mangga gedong gincu ada dua alur yaitu penjualan pasar domestik dan penjualan untuk pasar ekspor. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kegiatan pascapanen dari petani hingga supplier, dan faktor – faktor yang berhubungan dengan keputusan petani dalam memasarkan usahatani mangga gedong gincu untuk diekspor. Penelitian dilakukan pada petani mangga gedong gincu di Desa Pasirmuncang, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penentuan informan dilakukan dengan snowball. Analisis yang digunakan analisis desktiptif dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan cara panen dilakukan dengan mempekerjakan oleh orang lain, sistem pembayaran dengan pembayaran cash, sistem penjualan dengan satuan kilogram, dan penentuan harga yang ditentukan oleh supplier. Faktor internal yang berhubungan dengan keputusan petani dalam memasarkan produk mangga gedong gincu adalah pengalaman usahatani dan modal. Sedangkan faktor eksternal yang berhubungan dengan keputusan petani dalam memasarkan produk mangga gedong gincu adalah adanya perangsang (insentif) berproduksi dalam bentuk pinjaman modal. Kata kunci: Faktor-faktor, Pemasaran, Pengambilan Keputusan