Respon dan Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dalam pembelian sayuran organik. (Studi Kasus di Komplek Batununggal Indah Estate, Bandung)
Main Author: | Utami, Dian Regina |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/15878 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK DIAN REGINA UTAMI. 2013. Respon dan Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dalam pembelian sayuran organik. (Studi Kasus di Komplek Batununggal Indah Estate, Bandung). Dibawah bimbingan ERNA RACHMAWATI . Gaya hidup sehat atau kembali ke alam telah menjadi tren baru masyarakat. Salah satunya adalah mengkonsumsi sayuran organik. Tuntutan pola hidup sehat tersebut menyebabkan semakin tingginya permintaan konsumen terhadap sayuran organik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya respon konsumen terhadap sayuran organik mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian sayuran organik. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner di komplek Batununggal Indah Estate kepada responden yang memenuhi kriteria mengkonsumsi sayuran organik. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik yang digunakan adalah studi kasus dengan secara purposive. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan menggunakan skala likert. Responden di tentukan secara sengaja sebanyak 21 konsumen. Hasil penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian terhadap karakteristik menunjukan konsumen sayuran organik di Komplek Batununggal Indah Estate konsumen memiliki tingkat pengetahuan dan pendapatan yang tinggi sehingga memiliki kemampuan untuk membeli sayuran organik. Hasil penelitian mengenai respon mengungkapkan respon kognitif, afektif, dan konatif konsumen terhadap sayuran organik terbilang tinggi. Karena masyarakat cukup memahami mengenai sayuran organik. Hasil penelitian perilaku konsumen pada proses pengambilan keputusan dalam pembelian sayuran organik termotivasi karena mengetahui dan mempercayai manfaat sayuran organik. Dengan intensitas pembelian sayuran organik setiap bulannya cukup tinggi. Kondisi ini diperkuat dengan pembelian tersebut dilandaskan dengan terencana oleh konsumen. Kata kunci : perilaku konsumen, proses pengambilan keputusan, respon konsumen, sayuran organik