PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH BUAH MANGGIS (Garcinia mangostana L) (Suatu Kasus di Pasar Puspahiang, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya)
Main Author: | R, Marsha Ednisa |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/15859 |
Daftar Isi:
- Preferensi Konsumen dalam Memilih Buah Manggis (Suatu Kasus di Pasar Puspahiang, Desa Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat). Dibawah bimbingan YOSINI DELIANA. Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu komoditas buah eksotik primadona ekspor Indonesia. Permintaan buah manggis yang cukup besar di pasar lokal dan internasional membuat terbukanya potensi berkembangnya pasar manggis di dalam maupun di luar negeri. Perilaku dan preferesi konsumen diperlukan guna menentukan target pemasaran buah manggis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam membeli buah manggis dan menganalisis preferensi konsumen dalam memilih buah manggis. Desain dan teknik penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode survey. Responden dalam penelitian ini yaitu konsumen buah manggis sebanyak 35 orang. Analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan Conjoint Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen buah manggis adalah mayoritas konsumen perempuan yang berusia antara 20 sampai 29 tahun, yang memiliki tingkat pendapatan dari Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000, memiliki perkerjaan sebagai wiraswasta, memiliki jumlah anggota keluarga 2 sampai 3 orang, dan memiliki tingkat pendidikan SMA. Perilaku pembelian konsumen buah manggis adalah dengan mempertimbangkan alasan bahwa konsumen menyukai buah manggis karena rasa dan warnanya yang unik jika dibandingkan dengan buah lainnya, dengan frekuensi pembelian tidak tentu, jumlah pembelian berkisar antara 1 sampai 2 kg, dan konsumen biasanya membeli manggis di pedagang kaki lima. Hasil Conjoint Analysis menunjukkan bahwa preferensi konsumen dalam memilih buah manggis secara berturut-turut adalah berdasarkan faktor kekerasan, ukuran, dan warna. Faktor kekerasan menjadi indikator utama konsumen dalam memilih buah manggis dengan nilai kepentingan sebesar 77,538 persen. Kombinasi kartu yang dipilih banyak disukai adalah manggis nomor 4, yaitu buah manggis yang lunak, berukuran kecil, dan berwarna ungu kehitaman.