Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik (Suatu Kasus di Hero Supermarket Trans Studio Mall, Bandung)
Main Author: | Cornelly, Deseana |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/15850 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK DESEANA CORNELLY, 2013. Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik (Suatu Kasus di Hero Supermarket Trans Studio Mall, Bandung) dibawah bimbingan ELLY RASMIKAYATI. Masyarakat awalnya mengkonsumsi sayuran yang dihasilkan dari pertanian konvensional. Namun, seiring perkembangan waktu, pengetahuan masyarakat terutama dibidang kesehatan semakin meningkat . Hal tersebut menyebabkan terjadinya pergeseran gaya hidup. Banyaknya permintaan akan sayuran organik terus meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, ritel berupaya untuk menyediakan sayuran organik yang berkualitas baik, menjaga kontinuitasnya disertai dengan harga yang tidak terlalu mahal yang sesuai dengan keinginan konsumennya. Namun pada kenyataannya, penjualan sayuran organik tidak dapat maksimal. Konsumen seringkali mengalami kesulitan untuk memperoleh sayuran organik yang berkualitas baik, harga yang murah dan ketersediaan yang terjaga. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan karakteristik dan perilaku konsumen yang melakukan pembelian sayuran organik 2) Menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut sayuran organik sesuai dengan preferensi konsumen. Metode penelitian ini memakai desain kuantitatif dan teknik penelitian survey deskriptif. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan tabulasi silang dan Importance Performance Analysis.Tempat penelitian dilakukan di Hero Supermarket Trans Studio Mall, Bandung. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Karakteristik konsumen Hero Supermarket Trans Studio Mall sebagian besar berjenis kelamin wanita, berusia 41-50 tahun dan telah berstatus menikah, berpendidikan terakhir sebagai Sarjana (S-1) dengan pekerjaan ibu rumah tangga yang termasuk golongan ekonomi menengah ke atas. Motivasi/alasan konsumen mengkonsumsi sayuran organik adalah karena kesehatan. Sumber informasi yang mereka peroleh mengenai sayuran organik pada umumnya adalah melalui media cetak/media elektronik dengan dasar pertimbangan pembelian melihat kualitas sayuran. Keputusan pembelian yang dilakukan adalah terencana dan responden melakukan pembelian rata-rata sebanyak 2 kali per minggu sebanyak 3-4 pack. Sebagian besar responden telah cukup lama mengkonsumsi sayuran organik dan memutuskan untuk tetap membeli sayuran organik. Hasil Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa tingkat kepentingan atribut sayuran organik menurut konsumen dari yang prioritas paling penting secara berurutan adalah keberagaman, kualitas, kesegaran, ketersediaan, harga dan kemasan. Berdasarkan kinerja Hero Supermarket Trans Studio Mall dalam menjual sayuran organik dari yang prioritas paling baik secara berurutan adalah kemasan, kualitas, kesegaran, ketersediaan, harga dan keberagaman. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Sayuran Organik, Ritel Modern