Strategi Pemasaran Kopi Luwak Arabika Malabar (Studi Kasus di PT. NuGa Ramitra, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung)

Main Author: Husna, Fika Nutfahul
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/15842
Daftar Isi:
  • ABSTRAK FIKA NUTFAHUL HUSNA, 2013. Strategi Pemasaran Kopi Luwak Arabika Malabar (Studi Kasus di PT. NuGa Ramitra, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung). Di bawah bimbingan AGRIANI HERMITA SADELI. Kopi merupakan komoditas perkebunan yang sangat potensial dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri salah satunya industri pengolahan kopi luwak. PT. NuGa Ramitra merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi kopi luwak. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal pemasaran PT. NuGa Ramitra (2) untuk menganalisis alternatif strategi pemasaran dan menentukan prioritas strategi pemasaran yang dapat diterapkan bagi PT. NuGa Ramitra dalam pemasaran kopi luwak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis tiga tahap yaitu tahap masukan yang terdiri dari analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan melalui analisis matriks IFE dan EFE. Tahap kedua merupakan tahap pencocokan terdiri dari analisis matriks IE dan matriks SWOT, dan tahap ketiga yaitu tahap keputusan, pada tahap ini digunakan matriks QSPM untuk pengambilan keputusan alternatif strategi yang akan direkomendasikan kepada perusahaan. Hasil penelitian mengenai strategi pemasaran kopi luwak arabika PT. NuGa Ramitra berdasarkan matriks IFE kekuatan perusahaan terletak pada kualitas bahan baku kopi yang baik sementara kelemahan perusahaan terletak pada harga jual produk yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis matriks EFE yang merupakan peluang utama bagi perusahaan adalah peluang pasar yang terbuka, sementara konsumen yang masih tersegmentasi merupakan ancaman bagi perusahaan. Berdasarkan hasil analisis Matriks IE, perusahaan berada dalam posisi tumbuh dan berkembang maka strategi yang dapat diterapkan pada posisi ini adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Hasil analisis matriks QSPM menunjukan bahwa strategi yang menjadi prioritas utama untuk diterapkan oleh perusahaan yaitu meningkatkan pelayanan perusahaan terhadap konsumen. Kata Kunci: Kopi Luwak Arabika, Strategi Pemasaran, IFE, EFE