PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ES KRIM MAGNUM WALLS (survey pada konsumen Es Krim Magnum Walls di Kota Bandung)

Main Author: Paramatatya, Azalia
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/152
Daftar Isi:
  • Pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Magnum (Survey pada Konsumen Es Krim Wall’s di Bandung) Azalia Paramatatya azaliaparamatatya@gmail.com Program S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran ABSTRAK Iklan adalah salah satu cara yang penting bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Peningkatan permintaan pada produk es krim mendorong berbagai perusahaan hadir dengan berbagai produk unggulan. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat luas mengenai suatu produk maka iklan yang kreatif mutlak diperlukan. Pengetahuan ini yang nantinya akan menentukan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara periklanan yang dilakukan oleh Magnum Wall’s terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan berusaha untuk menjelaskan pengaruh iklan di televisi terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga kota Bandung. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik perhitungan rumus Slovin, dan diperoleh sampel penetian sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik proporsi sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditetapkan peneliti seperti warga Bandung yang telah melakukan pembelian es krim Magnum. Untuk mewujudkan tujuan dari penelitian ini, peneliti menggunakan analisis statistic deskriptif untuk mengetahui variable iklan yang terdiri dari: Mission (X1),Money (X2),Message (X3),Media (X4) dan Measurement (X5) Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah keputusan pembelian dengan enam dimensi pengukuran yaitu: Keputusan Produk (Y1), Keputusan Merek (Y2), Keputusan Pemasok (Y3), Keputusan kuantitas Pembelian (Y4), Keputusan Waktu Pembelian (Y5) dan Keputusan Metode Pembayaran (Y6). Kuesioner penelitian disebarkan secara manual. Skala yang digunakan adalah skala likert. Seluruh item pertanyaan telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis korelasi antara variabel Iklan dan keputusan pembelian dijelaskan melalui analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat pengaruh positif antara iklan dengan keputusan pembelian. Saran yang bisa dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah:(1) Hendaknya perusahaan Unilever lebih kreatif dalam membuat iklan yang memaparkan keunggulan produk Es Krim Magnum Wall’s (2) karena sebagian besar responden merasa bahwa mereka paling sering melihat iklan Magnum di televisi maka perusahaan harus mencari cara untuk menampilkan iklan yang lebih menarik dan kreatif di televisi. ; (3) Perusahaan lebih memperhatikan jam penayangan iklan Magnum di media televisi, dalam hal ini penayangan difokuskan pada acara favorit seperti musuk dan sinetron yang disukai oleh masyarakat. Kata Kunci : advertising, purchase decision   The Influence of Advertising to purchasing decision Magnum Ice Cream (Survey to Magnum Wall’s Ice cream Consumer in Bandung City) Azalia Paramatatya azaliaparamatatya@gmail.com Management Undergraduate Program of Faculty of Economy and Business Padjadjaran University ABSTRACT Advertising is one important way for companies to introduce their products to the public. Increased demand on ice cream products encourage a range of companies present with a variety of excellent products. To increase the public knowledge about a product then the ad creative is absolutely necessary. This knowledge will determine the purchasing decisions made by consumers. The purpose of this study was to determine the relationship between the advertising done by the Wall`s Magnum on purchasing decisions made by consumers. This study used a descriptive quantitative method and tried to explain the influence of television advertising on consumer purchasing decisions. The population in this study are all citizens of the city of Bandung. Samples were obtained by using Slovin formula calculation, and obtained a sample of 100 respondents Penetian. The method of sampling using the proportion of sampling that sampling based on certain criteria that have been established researchers such as Bandung residents who have made a purchase Magnum ice cream. To achieve the objective of this study, researchers used a descriptive statistical analysis to determine the variables comprising ad: Mission (X1), Money (X2), Message (X3), Media (X4) and Measurement (X5) While the dependent variable (Y) is a purchase decision with the six measurement dimensions, namely: Product Decisions (Y1), Decision Brand (Y2), Decision Suppliers (Y3), Decision quantity Purchase (Y4), Decision Time Purchasing (Y5) and Decision Method of Payment (Y6). Research questionnaire distributed manually. The scale used is the Likert scale. All the items have been tested through the test questions of validity and reliability. Analysis of the correlation between ads and purchase decision variables are described by simple linear regression analysis. Research results obtained are a positive influence between advertising with purchasing decisions. Suggestions can be put forward with regard to the findings obtained during the study are: (1) Should the company Unilever more creative in making an ad that describes the benefits of the product Ice Cream Magnum Wall`s (2) because the majority of respondents felt that they most often see ads Magnum on television then companies must find ways to show ads more interesting and creative on television. ; (3) companies to pay more attention hours Magnum ads on television, in which case delivery is focused on such favorite shows and soap operas favored enemy of society. Keyword : advertising, purchase decision