Kohesi dan Koherensi pada Iklan Layanan Masyarakat di Radio: Suatu Kajian Analisis Wacana Deskriptif
Main Author: | Sarinastiti, Indira |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/14443 |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Kohesi dan Koherensi pada Iklan Layanan Masyarakat di Radio: Suatu Kajian Analisis Wacana Deskriptif”. Metode yang digunakan pada skripsi ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Tarigan, tentang wacana. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penanda-penanda kohesi dan penanda-penanda koherensi yang terdapat pada iklan layanan masyarakat yang disiarkan melalui radio. Sumber data pada penelitian ini diperoleh melalui Youtube dan Soundcloud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanda kohesi yang terdapat iklan-iklan layanan masyarakat adalah pronomina, elipsis, konjungsi, subtitusi, repetisi, sinonim, antonim, hiponim, kolokasi, dan ekuivalensi. Penanda koherensi yang terdapat pada iklan-iklan layanan masyarakat adalah hubungan sebab-akibat, akibat-sebab, kelonggaran hasil, alasan-tindakan, sarana-hasil, sarana-tujuan, latar-simpulan, aditif, amplikatif,dan generik-spesifik. Penelitian ini menunjukkan bahwa iklan-iklan layanan masyarakat di radio memiliki keutuhan dari segi bentuk dan makna. Hal ini terlihat dari penanda-penanda kohesi dan penanda-penanda koherensi yang terdapat dalam wacana tersebut.