Interjeksi dalam Naskah Drama Opera Kecoa Karya N. Riantiarno: Suatu Kajian Sintaksis dan Semantik
Main Author: | Pardede, Srimaini |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/14401 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Interjeksi dalam Naskah Drama Opera Kecoa Karya N. Riantiarno: Suatu Kajian Sintaksis dan Semantik”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk interjeksi dan makna interjeksi di dalam naskah drama Opera Kecoa Karya N. Riantiarno. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk-bentuk interjeksi dan mengetahui makna-makna interjeksi yang terdapat di dalam naskah drama Opera Kecoa karya N. Riantiarno. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik catat. Sumber data pada penelitian ini adalah naskah drama Opera Kecoa Karya N. Riantiarno. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini antara lain, (1) Bentuk-bentuk interjeksi yang terdapat di dalam naskah drama Opera Kecoa karya N. Riantiarno yaitu aduh, wah, idih, lho, ayo, mari, auww, bajingan, sialan, goblok, syukur, o, oh, hahaha, hohoho, ckckck, nah, jadi, yak, woo, ah, astaga, eh, hah, aih, yah, alhamdulillah, dan masya Allah; (2) Ada sembilan makna interjeksi yang terdapat di dalam naskah drama Opera Kecoa karya N. Riantiarno, antara lain interjeksi kejijikan, interjeksi kekesalan, interjeksi kekaguman, interjeksi keheranan, interjeksi kesyukuran, interjeksi kekagetan, interjeksi ajakan, interjeksi simpulan, dan interjeksi kesenangan.