IKLAN-IKLAN POLITIK PARTAI NASIONAL DEMOKRAT (NASDEM) KAJIAN ANALISIS WACANA

Main Author: Bintang, Asep Muhamad
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/14186
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Iklan-Iklan Politik Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kajian Analisis Wacana”. Metode yang digunakan pada skripsi ini adalah metode deskriptif analisis. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemarkah-pemarkah kohesi dan pemarkah-pemarkah koherensi yang terdapat pada iklan-iklan politik Partai Nasdem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemarkah kohesi yang terdapat pada iklan-iklan politik Partai Nasdem adalah pronomina, elipsis, konjungsi, substitusi, repetisi, sinonim, antonim, hiponim, kolokasi, dan ekuivalensi. Pemarkah koherensi yang terdapat pada iklan-iklan politik Partai Nasdem adalah hubungan syarat hasil, hubungan amplikatif, hubungan perbandingan, hubungan generik-spesifik, hubungan sarana-tujuan, hubungan kelonggaran hasil, hubungan ibarat, dan hubungan alasan akibat. Penelitian ini menunjukkan bahwa iklan-iklan politik Partai Nasdem memiliki keutuhan dari segi bentuk dan makna. Hal ini terlihat dari pemakaian pemarkah kohesi dan pemarkah koherensi yang terdapat dalam wacana tersebut.