Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tanggapan pengguna tentang Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Bale Pustaka Keuskupan Bandung. Kualitas Pelayanan Perpustakaan dalam penelitian ini dinilai berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indikator penilaian yaitu Kinerja Petugas dalam Pelayanan, Kualitas Informasi dan Akses Infomasi, dan Sarana Perpustakaan. Teori yang dipakai pada penelitian ini adalah Teori Stimulus-Organisme-Respon Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan tanggapan pengguna tentang dimensi Kinerja Petugas dalam Pelayanan dinilai sangat baik (90,3%), dimensi Kualitas Informasi dan Akses Infomasi dinilai sangat baik (74,2%), dan dimensi Sarana Perpustakaan dinilai sangat baik (74,2%). Dari penilaian ketiga dimensi tersebut menunjukkan tanggapan pengguna tentang Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Bale Pustaka menghasilkan nilai yang sangat baik (75,8%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perpustakaan Bale Pustaka telah sukses memberikan kualitas pelayanan perpustakaan yang optimal kepada penggunanya.