METODE ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) DALAM PERAMALAN PROPORSI PEMESANAN TIKET KERETA API MELALUI MEDIA E-COMMERCE
Main Author: | Bangun, Egy Natalia Br |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/13915 |
Daftar Isi:
- PT Kereta Api Indonesia dalam memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian tiket mulai bekerjasama dengan beberapa ecommerce sejak tahun 2013. Penjualan tiket melalui media e-commerce pada tahun 2016 dan 2017 ternyata mampu menghasilkan jumlah pemesanan tiket terbesar dibandingkan dengan jumlah pemesanan pada seluruh stasiun di Indonesia. Namun saat ini, sistem pembatalan tiket hanya tersedia di stasiun, sehingga mengakibatkan kapasitas tiket yang ditampilkan di media e-commerce tidak sesuai dengan kapasitas yang sebenarnya masih tersedia ketika sejumlah pelanggan melakukan pembatalan di loket pembatalan yang tersedia di stasiun. Berdasarkan hal tersebut, pada penelitian ini untuk memaksimalkan jumlah pemesanan tiket yang dapat dilakukan melalui media e-commerce akan dilakukan peramalan dalam memperoleh estimasi yang tepat terhadap proporsi pemesanan tiket melalui media e-commerce berdasarkan data historis sejak Januari 2013 - Desember 2017 menggunakan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS). Metode ANFIS yang digunakan pada penelitian ini dalam memperoleh nilai peramalan proporsi pemesanan tiket pada media e-commerce menghasilkan nilai MAPE sebesar 4,70% dalam peramalan untuk periode 12 bulan ke depan.