Daftar Isi:
  • Alita Febrina Huduni, 210110110266. Program studi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran 2015. Judul penelitian “Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima oleh Pemerintah Kota Bandung”. Pembimbing I Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, M.Si, Pembimbing II FX. Ari Agung Prastowo , S.Sos, M. I.Kom. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses komunikasi dan nilai-nilai yang menjadi pesan dalam sosialisasi Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan proses komunikasi yang terjadi dalam sosialisasi Perda No. 4 Tahun 2011 melalui forum pembinaan merupakan proses komunikasi primer dengan konteks komunikasi publik. Pesan yang disampaikan merupakan nilai-nilai sosial, yaitu nilai ketertiban, nilai kepentingan bersama, nilai ekonomis, dan nilai identitas PKL. Simpulan dari penelitian ini menunjukan proses komunikasi dalam forum pembinaan terjadi secara linier dengan pola top to bottom, dimana Pemerintah Kota Bandung menyampaikan pesan yang berupa nilai-nilai sosial kepada PKL. Nilai-nilai sosial yang dikomunikasikan bertujuan untuk mengarahkan perilaku PKL untuk berdagang secara tertib. Saran penulis dalam penelitian ini adalah Pemerintah Kota Bandung mengevaluasi efektivitas komunikasi dalam pelaksanaan forum pembinaan, melakukan komunikasi dua arah dengan PKL, melaksanakan sosialisasi secara kontinu dan berkesinambungan, serta mempertimbangkan penataan lokasi dagang berdasarkan nilai ekonomis bagi PKL.