Makna Nation Branding pada Desain Uang Kertas Rupiah
Daftar Isi:
- Nurul Asri Mulyani, 210110110234. 2011. Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Pembimbing Utama, Dr. Suwandi Sumartias, M.Si., dan Pembimbing Pendamping, Dr. Feliza Zubair, M.Si. Judul Penelitian “Makna Nation Branding pada Desain Uang Kertas Rupiah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna nation branding pada desain uang kertas rupiah tahun emisi 2005-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Charles Sanders Peirce melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rupiah memiliki empat tipifikasi tanda, yakni tanda warna, tata letak, gambar, dan teks. Dari hasil pemaknaan empat tipifikasi tersebut, didapatlah 18 makna identitas yang tercermin pada simbol-simbol dalam rupiah. Makna identitas tersebut kemudian dikonstruksikan menjadi makna nation branding Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa desain rupiah dapat mengonstruksi makna nation branding secara simbolis berdasarkan tanda-tanda yang terdapat padanya. Makna nation branding pada rupiah adalah Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Peneliti menyarankan agar Bank Indonesia secara lembaga perlu lebih gencar mengomunikasikan nation branding melalui rupiah selaras dengan kebijakan pemerintah dalam mempromosikan program-program pariwisata dan budaya Indonesia.