PENGGUNAAN AKUN KEDUA JEJARING SOSIAL TWITTER PARA PENGGEMAR BOYBAND EXO
Daftar Isi:
- Oktari Bellyanasari, 210110110071, 2015, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian ini adalah "Penggunaan Akun Kedua Jejaring Sosial Twitter Para Penggemar Boyband EXO". Penelitian ini di bawah bimbingan Duddy Zein,Drs.,M.Si., selaku Pembimbing Utama dan Jimi Narotama Mahameruaji S.Sos., M.Si., selaku Pembimbinga Pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana perilaku komunikasi yang terjadi pada penggunaan akun kedua jejaring sosial Twitter oleh para EXO-L, mengetahui apa saja konten-konten yang ada dalam penggunaan akun kedua jejaring sosial Twitter oleh para EXO-L, dan mengetahui apa motif penggunaan akun kedua jejaring sosial Twitter oleh para EXO-L. Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan etnografi virtual. Data yang terkumpul merupakan hasil observasi delapan akun kedua Twitter para penggemar boyband EXO selama satu bulan dan juga wawancara dengan para informan yang merupakan pemilik dari akun kedua Twitter tersebut. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini terdapat berbagai perilaku komunikasi yang terjadi dalam penggunaan akun, yaitu tweet verbal, tweet nonverbal dan juga tweet interaksi. Konten dari posting tweet yang ada yaitu tweet tulisan berupa kegiatan EXO, dan penggunaan kata kasar serta kata berlebihan yang menunjukkan kefanatikkan para penggemar. Motif yang disampaikan para pengguna untuk memutuskan membuat akun kedua yaitu tidak ingin menganggu pengguna Twitter lain dalam akun asli yang merasa asing dengan budaya Korea dan juga bisa dengan bebas mengekpresikan kegemaran mereka terhadap budaya Korea khususnya boyband EXO.