Proses Public Relations Dalam Kegiatan Promosi 106.3FM Urban Radio Bandung Melalui Event Off-Air
Daftar Isi:
- Dinny Nurdianni, 210103120069, 2015, Proses Public Relations Dalam Kegiatan Promosi 106.3FM Urban Radio Bandung Melalui Event Off-Air “Tropical House Architecture Competition”. Digunakan sebagai Laporan Tugas Akhir dengan dosen pembimbing Ute Lies Siti Khadijah, S.Sos., M.Si. Program D-III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Program Studi Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui tahap fact finding, planning and programming, acting and communicating, dan evaluating pada proses Public Relations dalam kegiatan promosi melalui event off-air “Tropical House Architecture Competition”. Metode yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil pengamatan menunjukan bahwa Marketing and Promotions Urban Radio melakukan tahap fact finding melalui monitoring siaran Urban Radio dan media sosial, fact finding Mortar Utama dan calon target peserta, serta rapat internal. Tahap planning and programming melalui konsep event, pihak yang terlibat dalam event, anggaran biaya, merencanakan waktu dan tempat pelaksanaan, promosi on-air dan media sosial, serta persiapan kelengkapan peralatan untuk pelaksanaan. Tahap acting and communicating melalui penempatan logo Urban Radio, promosi on-air dan media sosial, serta kegiatan spreading (flyering dan postering). Dan tahap evaluating melalui pembuatan report kegiatan, dokumentasi seluruh kegiatan, serta rapat internal mengenai seluruh kegiatan promosi. Simpulan dari event ini adalah “Tropical House Architecture Competition” dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu campus roadshow, fun walk, dan pengumuman pemenang. Tujuan dari Urban Radio melakukan promosi melalui event ini telah tercapai. Penulis menyarankan kepada Urban Radio untuk melaksanakan proses fact finding tidak hanya melalui internet namun juga perlu secara langsung memantau kondisi yang sebenarnya di lapangan, dan akan lebih baik apabila proses planning direncanakan dengan baik untuk mencegah perubahan mendadak saat acara berlangsung. Serta Urban Radio harus melakukan kegiatan programming.