Daftar Isi:
  • Sekar Nurani Nidyastuti, 210110100244,mahasiswi Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.Penelitian ini berjudul“Strategi Komunikasi Komunitas Nebengers Dalam Sosialisasi Kegiatan Carpooling” dibawah bimbingan utama Dr. Yanti Setianti, M.Si., dan pembimbing pendamping Centurion C. Priyatna, S.S., M.Si., Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Komunitas Nebengers dalam sosialisasi kegiatan carpooling melalui persiapan perencanaan strategi komunikasi, membuat analisis situasi, menargetkan audiens, membuat tujuan komunikasi, pengembangan pesan, penyebaran strategi, dan proses evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Narasumber berasal dari para founders, bagian humas, dan bagian media dari Komunitas Nebengers yang berjumlah sebanyak 5 narasumber. Hasil dari penelitian ini yaitu persiapan perencanaan strategi komunikasi dalam sosialisasi kegiatan carpooling yang dilakukan oleh Komunitas Nebengers tidak dilalui dengan tahap audit, proses analisis situasi yang dilakukan oleh Komunitas Nebengers sudah sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan, proses pembuatan target sasaran yang dilakukan oleh Komunitas Nebengers ini sudah dilakukan dengan baik, tujuan utama komunikasi yang dibuat oleh Komunitas Nebengers ini belum dibuat sesuai dengan pedoman strategi komunikasi untuk nonprofit, pesan untuk sosialisasi kegiatan carpoling sudah dibuat sesuai dengan tahapan-tahapan, proses penyebaran strategi melalui media belum dilaksanakan sudah dilaksanakan dengan baik, dan tahapevaluasi yang dilakukan oleh komunitas ini sudah sesuai dengan pedoman. Simpulan dari penelitian ini bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Komunitas Nebengers dalam sosialisasi kegiatan carpooling pada tahap perencanaan strategi komunikasi, pembuatan tujuan, dan proses penyebaran strategi melalui media belum sesuai dengan pedoman strategi komunikasi untuk organisasi nonprofit namun untuk tahap proses analisis situasi, proses pembuatan target sasaran proses pembuatan pesan, evaluasi sudah sesuai dengan pedoman pembuatan strategi komunikasi untuk organisasi nonprofit.