Daftar Isi:
  • Mita Novitasari, 210103110013, 2014.Laporan Tugas Akhir ini berjudul,Tugas Tim Kreatif Marketingpada Program “Indonesian Idol”diRCTI(Rajawali Citra Televisi Indonesia) Jakarta di bawah bimbingan Dandi Supriadi, S.Sos.,MA(SUT).Program Diploma III, Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Subprogram Studi Penyiaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Tujuan pengamatan ini untuk menjelaskan tugas tim kreatif marketing dalam prosespraproduksi, proses produksi, dan proses pascaproduksi pada program “Indonesian Idol”, hambatan dalam proses kerja daritim kreatif marketing, beserta solusi dari hambatan yang terjadi dalam program “Indonesian Idol” diRCTI. Metode pengamatan yang digunakan adalah metode deskriptif.Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, studi kepustakaan dan pencarian informasi di media internet, serta dokumentasi. Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa tugas tim kreatif marketing dalam proses produksi program “Indonesian Idol”melalui tahap praproduksi, yaitu penemuan ide, perencanaan dan persiapan. Tahap produksi, yaitu standby bersama co host, menjaga komunikasi dengan floor director dan kamerawan selama live spektakuler show berlangsung, dan mengawasi 4 digital frame dan 4 tumblr(gelas) yang berada di meja juri.Hambatan beserta solusi yang dihadapi berasal dari masalah teknis dan nonteknis. Simpulanhasil pengamataninitugas tim kreatif marketing dalam program “Indonesian Idol”bertugas dalam tiga tahapan produksi, meliputi praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Pada tahap praproduksi, tim kreatif marketing melakukan proses penemuan ide, perencanaan, dan persiapan sedemikian rupa dalam menentukan konsep dan ide kreatif yang berkaitan dengan VT Built in. Semua yang dikerjakan tim kreatif marketing di tahap praproduksi, produksi, dan pascaproduksisudah dikerjakan dengan baik. Saran hasil pengamatan ini, tim kreatif marketing program “Indonesian Idol” mencari lebih banyak referensi dengan cara sharing bersama rekan kerja atau teman. Menciptakan suasana shooting yang lebih hangat dan nyaman. Lebih ditingkatkan lagi komunikasi yang lebih baik dengan klien, kru, serta tim kreatif lainnya yang berhubungan dengan tim kreatif marketing, dan terus mem-follow up client.