Daftar Isi:
  • IDENTIFIKASI SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN PRODUK SEPATU KULIT (Survey di Sentra Sepatu Cibaduyut, Kota Bandung) Bella Viseria ABSTRAK Penelitian ini telah dilaksanakan pada 1 Desember 2013 hingga 26 Januari 2014. Bertempat di wilayah Sentra Sepatu Cibaduyut dan beberapa wilayah penyalur bahan baku kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran produk kulit di Cibaduyut dan mengetahui besarnya biaya, margin dan keuntungan dari seluruh pelaku pemasaran produk kulit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Berdasarkan hasil survey menunjukan bahwa saluran pemasaran produk sepatu kulit terdiri dari empat saluran pemasaran yaitu saluran pertama adalah rumah potong hewan, penyamak, pengrajin sepatu. Saluran kedua adalah rumah potong hewan, penyamak, pedagang besar, pengrajin sepatu. Saluran ketiga adalah rumah potong hewan, pengumpul, penyamak, pengrajin sepatu. Saluran kempat adalah rumah potong hewan, pengumpul, penyamak, pedagang besar, pengrajin sepatu. Margin pemasaran produk sepatu kulit didapatkan dari setiap pelaku pemasaran yaitu rumah potong hewan dengan nilai sebesar 10.17%, pengumpul kulit 5.72%, penyamak kulit 2.97% pengecer kulit 3.94%, pengrajin sepatu 77.2%. Semakin panjangnya rantai distribusi, maka semakin besar biaya yang dikeluarkan dan semakin kecil keuntungan yang diperoleh para pelaku usaha produk sepatu kulit. Kata kunci : saluran , margin, pemasaran, produk kulit, sepatu.