Hubungan antara kredibilitas endorser dalam iklan televisi LINE dengan sikap konsumen terhadap produk
Daftar Isi:
- ABSTRAK Gita Yuda Jaya. 210110080171. Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran. Hubungan Kredibilitas Endorser Dalam Iklan Televisi LINE dengan Sikap Konsumen Terhadap Produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kredibilitas Agnes Monica sebagai endorser dalam iklan televisi LINE dengan sikap mahasiswa fakultas ilmu komunikasi Universitas Padjajaran terhadap produk. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan studi korelasional. Data ordinal yang diperoleh dari angket dan studi kepustakaan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dalam bentuk perhitungan koefesien korelasi Rank Spearman (Rs). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi,, karakter, tujuan, kepribadian, dinamika, dan daya tarik Agnes Monica sebagai endorser dalam tayangan iklan LINE dengan sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran terhadap produk. Hasil uji statistic dengan menggunakan perhitungan korelasi Rank Spearman menunjukan hubungan yang signifikan antara kredibilitas Agnes Monica sebagai endorser dalam tayangan iklan LINE dengan sikap konsumen terhadap produk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sumber komunikasi yang kredibel memiliki pengaruh terhadap sikap khalayak. Semakin tinggi kredibilitas seorang komunikator, semakin tinggi pula sikap yang dihasilkan oleh khalayak. Hal ini sesuai dengan teori kredibilitas sumber (source credibility theory) yang dikemukakan oleh Hovland, Janis, Dan Kelley/ ABSTRACT Gita Yuda Jaya. 210110080171. Faculty of communication, Majoring communication management University of Padjajaran. The Corelation between Credibility Endorser in LINE ads on Television with Consumer Attitudes on product This research aims to determine the correlation between credibility Agnes Monica as endorser in LINE Ads on TV with the attitudes of consumer on product. The method used is survey method by using corelational studies. Ordinal data obtained from questionnaires and literature study then analyzed using descriptive and inferential statistical analaysis in the form of calaculation of spearman rank correlation coefficient (Rs). The Result showed that there is correlation between competence, character, intention, personality, dynamism, and attractiveness of Agnes Monica as endorser in LINE Ads on TV with the attitudes of students from Padjajara Universtiy Faculty of Communcation of the product. The statistical test by using Spearman Rank correlation calculation showed a significant correlation between credibility Agnes Monica as endorser in the ad impressions LINE with the attitude of consumer of the product. This study concluded that a credible communication source has an influence on public attitudes. The higher the credibility of a communicatior, the higher the attitudes generated by the audience. This is consistent with the theory of source credibility proposed by Hovland, Janis, and Kelley