Analisis Pemasaran dan Nilai Tambah Produk Rajungan (Portunus pelagicus) di desa Gebang Mekar Kabupaten Cirebon
Daftar Isi:
- ABSTRAK Deni Erni (Dibawah bimbingan : Ine Maulina dan Sunarto). 2014. Analisis Pemasaran dan Nilai Tambah Produk Rajungan (Portunus pelagicus) Di Desa Gebang Mekar Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai pemasaran produk rajungan yang dihasilkan mulai dari nelayan sampai dengan ekspor, menganalisis margin keuntungan di setiap rantai pemasaran, menganalisis nilai tambah di setiap proses pengolahan rajungan, menganalisis efisiensi pemasaran produk rajungan di pelaku pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Gebang Mekar Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dengan metode studi kasus, metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran terdapat tiga saluran pemasaran, Saluran pemasaran tiga merupakan saluran pemasaran yang paling efisien dengan rata-rata BCR sebesar 5. Dari hasil perhitungan margin yang diperoleh pada saluran I adalah sebesar Rp. 30.000 untuk pemasaran rajungan utuh, pada saluran II adalah sebesar Rp. 440.000 dan pada saluran III sebesar Rp. 260.000 untuk rajungan kupas. Dari hasil perhitungan nilai BCR pada tingkat nelayan sebesar 1,4, pada tingkat pedagang pengumpul sebesar 4,72, pada tingkat pengusaha miniplant sebesar 4,47, pada tingkat pabrik sebesar 9,44, dan pada tingkat restoran sebesar 2,04. Dari hasil perhitungan nilai tambah bahwa besarnya nilai tambah pada tingkat nelayan Rp. 5367/kg, besarnya nilai tambah pada tingkat bakul Rp. 27.343/kg, besarnya nilai tambah pada tingkat pengusaha miniplant Rp. 36.200/kg, besarnya nilai tambah pada tingkat pabrik Rp. 34.706/kg, besarnya nilai tambah pada tingkat restoran Rp. 10.429 /kg.