PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DALAM IKLAN TELEVISI DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
Daftar Isi:
- Feby Darmayanthi. 210110090325. 2014. “Pengaruh Celebrity Endorser dalam Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Dibawah bimbingan Mohd. Hussein Nawawi, Drs., M.I.Kom., sebagai pembimbing utama, dan Slamet Mulyana, Drs., M.I.Kom., sebagai pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Marshanda sebagai celebriy endorser dalam iklan televisi Wardah dan faktor pribadi, sosial, dan psikologis secara simultan terhadap keputusan pembelian di kalangan Forum Hijabers Bogor yang berjumlah 115 orang. Teori yang diuji adalah Teori Kredibilitas Sumber (Source Credibility Theory) Metode yang digunakan adalah metode analisis jalur dalam bentuk perhitungan rumus Pearson Product Momen. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak sederhana dengan ukuran sampel 89 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara subvariabel visibility, credibility, attractiveness, dan power dan faktor pribadi, sosial, dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menyarankan agar penggunaan celebrity endorser dalam iklan televisi lebih menunjukkan kredibilitas selebriti tersebut dalam membintangi iklan dan memberikan informasi mengenai produk yang diiklankan.