Daftar Isi:
  • Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2013 di wilayah kerja Koperasi Serba Usaha (KSU) Tandangsari, tepatnya di Desa Haurngombong dan Desa Mekarbakti, dengan tujuan untuk mengetahui persepsi peternak terhadap atribut pelayanan KSU kepada anggotanya, dan untuk mengetahui besarnya kepuasan peternak anggota KSU terhadap kinerja koperasi dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey, menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Kelompok sampel dipilih secara sengaja (purposive) oleh KSU, yaitu Kelompok Harapanjaya untuk kelompok yang produktivitasnya tinggi, sedangkan Kelompok Mekarsari untuk kelompok yang produktivitasnya rendah. Sampel ditentukan dengan metode simple random sampling. Penelitian ini mengambil 40 sampel individu, masing-masing 20 sampel dari tiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut pelayanan KSU Tandangsari yang paling penting menurut anggota antara lain: atribut peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) peternak, atribut penyediaan pakan yang berkualitas, dan atribut penetapan harga beli susu. Atribut pelayanan KSU Tandangsari yang paling tidak penting menurut anggota antara lain: atribut penyediaan kredit dan pinjaman, serta atribut pencatatan data oleh koperasi. Atribut pelayanan KSU Tandangsari yang paling memuaskan menurut tingkat kinerjanya antara lain: atribut penyediaan kredit dan pinjaman, atribut pemberian subsidi dan perlengkapan kandang. Atribut pelayanan yang paling tidak memuaskan menurut tingkat kinerjanya antara lain: atribut penetapan harga beli susu dan atribut penyediaan pakan yang berkualitas. Tingkat kepuasan peternak anggota terhadap kinerja KSU Tandangsari dalam memberikan pelayanan dinilai cukup. Hal ini ditunjukkan dari nilai CSI anggota sebesar 58,77%.