Daftar Isi:
  • ABSTRAK PRETY AYU LESTARI, 210110090243, Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul Implementasi Program Corporate Social Responsibility oleh Public Relations PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (Bank bjb). Studi Deskriptif mengenai Implementasi Program CSR “Angklung Untuk Sekolah” oleh Public Relations PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. dengan Bimbingan Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si., sebagai Pembimbing Utama dan Lilis Puspitasari, S.Sos., M.I.Kom., sebagai Pembimbing Pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana latar belakang diadakannya program CSR “Angklung Untuk Sekolah” oleh Publik Relations Bank bjb, bagaimana proses perencanaan program CSR “Angklung Untuk Sekolah”, bagaimana proses pelaksanaan program CSR “Angklung Untuk Sekolah” dan bagaimana evaluasi program CSR “Angklung Untuk Sekolah”. Penelitian ini menggunakan metode penetitian deskriptif dengan paradigma Positivisme. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Operasional Public Relations. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta studi kepustakaan dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah staff Public Relations Grup Corporate Social Responsibility Bank bjb dan konsutlan CSR Bank bjb. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang disampaikan oleh narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program CSR “Angklung Untuk Sekolah” dilatarbelakangi oleh adanya peraturam mengenai pelaksanaan CSR bagi perusahaan, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai angklung, visi-misi dan nilai perusahaan yang menekankan untuk peduli pada lingkungan dan membangun corporate image yang baik dimata masyarakat. Perencanaan dan Pelaksanaan serta Evaluasi program pun dilakukan dengan baik oleh Public Relations Grup CSR Bank bjb. Saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian ini adalah : Public Relations Grup CSR Bank bjb hendaknya melaksanakan evaluasi secara berkelanjutan sehingga perusahaan dapat melihat perkembangan pengetahuan dan antusiasme masyarakat terhadap angklung dan dapat menganalisis corporate image di mata masyarakat.