Resepsi Khalayak Terhadap Iklan Axis di Televisi
Daftar Isi:
- Syeptian Syafril, 210110080110, 2013. Resepsi Khalayak Terhadap Iklan Axis di Televisi. Pembimbing utama dalam skripsi ini, adalah Dr. Eni Maryani, M.Si dan pembimbing pendamping Uud Wahyudin, S.Sos, M.Si pada Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembacaan khalayak, faktor-faktor yang mempengaruhi pembacaan, posisi pembacaan khalayak dan bagaimana produsen pesan mengkonstruksikan makna pada iklan Axis Internet Gaul “cari teman ngga perlu mahal”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis resepsi dengan model encoding decoding dari Stuart Hall, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan memilih delapan informan yang berdomisili di Kota Bandung dengan rentang usia 18-23 tahun dan telah menonton iklan Axis Internet Gaul “cari teman ngga perlu mahal”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produsen pesan menggunakan realita tentang orang-orang yang kurang pergaulan dan penggunaan Social Media yang terjadi dalam kehidupan sosial dalam mengkonstruksikan makna iklan. Informan penelitian memiliki pembacaan yang berbeda terhadap makna pesan yang dikonstruksikan oleh produsen pesan. Dalam penelitian ini kerangka pengetahuan informan turut mempengaruhi posisi pembacaan. Pembacaan informan terhadap iklan berada dalam posisi dominant-hegemonic reading, negotiated reading, dan opositional reading.