Daftar Isi:
  • Lavie Triyani R. Badri. 210110090119. Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Mana jemen Komunikasi Universitas Padjajaran. Hubungan Penggunaan Akun Instanusantara di Instagram dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Studi Korelasional Penggunaan Akun Instanusantara di Instagram dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Member Instanusantara Mengenai Daerah Wisata Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode korelasional. Berujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan penggunaan akun Instanusantara di Instagram dengan pemenuhan kebutuhan informasi member Instanusantara mengenai daerah wisata Indonesia. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 109 orang yang terpilih secara acak melalui sampel berstrata pada regional member Instanusantara. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket, melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan adalah Teori Pencarian Informasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan akun Instanusantara di Instagram dengan pemenuhan kebutuhan informasi member Instanusantara mengenai daerah wisata Indonesia pada dengan tingkat keeratan “sedang” dan terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman, konsep diri dan gaya pemrosesan informasi dalam penggunaan akun Instanusantara dengan pemenuhan kebutuhan informasi member Instanusantara mengenai daerah wisata Indonesia. Peneliti menyarankan harus adanya peningkatan dimensi hubungan dan juga penyusunan pesan oleh pengelola Instanusantara dalam membuat posting dikarenakan masih rendahnya pemenuhan kebutuhan kognitf member Instanusantara dalam mengetahui daerah wisata Indonesia