Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ria Ayu Ningtyas, 210110080354, Strategi Kampanye Public Relations PT. Melvar Lintasnusa (Melsa) tentang Situs www.bandung247.com Tahun 2011 – 2013 (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Kampanye Public Relations PT. Melvar Lintasnusa (Melsa) Melalui Situs www.bandung247.com Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Berlalu Lintas di Kota Bandung).H. Wawan Setiawan, Drs., M.Ikom sebagai dosen pembimbing utama dan Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si sebagai dosen pembimbing pendamping Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kampanye Public Relations PT. Melvar Lintasnusa (Melsa) tentang situs www.bandung247.com tahun 2011 – 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yang diuraikan melalui proses kampanye Public Relations dari Anne Gregory. Hasil penelitian dari proses Public Relations pada kampanye public relations PT. Melvar Lintasnusa (Melsa) tentang situs www.bandung247.com adalah analisis situasi, penetapan tujuan, penentuan publik dan pesan, penentuan strategi dan taktik, penentuan skala waktu dan sumber daya, serta evaluasi dan tinjauan. Analisis situasi ialah tahap awal dimana Public Relations harus tanggap terhadap masalah yang harus dihadapi dan ditangani. Setelah analisis situasi dilakukan, ditetapkanlah tujuan yang diharapkan dari kegiatan kampanye. Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi publik yang menjadi sasaran kampanye dan pesan yang dibutuhkan serta media yang dipilih untuk menyampaikan pesan. Kemudian pada tahan penentuan skala waktu dan sumber daya tersusunlah job desk masing-masing divisi dan faktor lain yang dapat mendukung kampanye ini berdasarkan waktu yang ditentukan. Setelah kampanye dilaksanakan maka dilakukanlah evaluasi dan tinjauan untuk melihat sejauhmana efektivitas dari kampanye tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah public relations pada PT. Melvar Lintasnusa (Melsa) telah menerapkan proses kampanye public relations sebagaimana mestinya. Dimulai dari analisis situasi sampai dengan evaluasi dan tinjauan kampanye tentang situs www.bandung247.com sehingga memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Dengan hasil yang memuaskan dari terlaksananya kampanye tentang situs www.bandung247.com, perusahaan mengalami peningkatan dari segi kunjungan ke situs, Twitter, dan Facebook, serta peningkatan kerjasama yang dilakukan. Ini merupakan salah satu faktor pendukung bagi PT. Melvar Lintasnusa (Melsa) untuk dapat terus melakukan kampanye dan memperbaiki kekurangan dari kegiatan sebelumnya.