Perilaku Pencarian Informasi Pendidik Mengenai Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C Sukapura Bandung
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi pendidik tunagrahita mengenai anak didik di Sekolah Luar Biasa C Sukapura. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Model yang digunakan peneliti adalah pencarian informasi profesi. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu triangulasi penyidik. Penelitian yang menunjukan bahwa, pendidik Sekolah Luar Biasa C Sukapura mencari informasi dibagi empat tahapan. Pertama pemetaan, yang dimana informasi di dapat dari hasil laporan psikolog, dokter dan raport sekolah terdahulu. Kedua perencanaan, pendidik merencanakan dan menyusun masalah berdasarkan sumber informasi yang dipakai. Ketiga penerapan, pendidik mengaplikasikan hasil perencanaan dengan bekerjasama antar pemerintah daerah divisi pendidikan luar biasa, orang tua dan pihak lain yang terkait dengan anak tunagrahita. Keempat evaluasi, pendidik melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas sekolah. Kata Kunci : Perilaku Informasi, Pendidik Sekolah Luar Biasa Tunagrahita