PROGRAM COMMUNITY ENGAGEMENT PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA DI DURI-RIAU
Daftar Isi:
- ABSTRAK WIRZA RAHMAN, 210110070425 Program Community Engagement PT. Chevron Pacific Indonesia di Duri-Riau. Pembimbing Utama Dra. Feliza Zubair., M.Si., dan Pembimbing Pendamping Dr. Evi Novianti S.Sos. M. Si Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan lmu Hubungan Masyarakat Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Team Policy Government and Public affair (PGPA) memaknai program Community Engagement (CE) PT. CPI terhadap suku Sakai di Duri-Riau, latar belakang serta proses sosialisasi yang dilakukan kepada Suku Sakai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode studi kasus kualitatif, dengan pendekatan konstruksi sosial dan interaksional simbolik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan telaah pustaka dan dokumen. Data yang dihasilkan tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis Konstruksi Sosial Atas Realita dari Berger dan Interaksional Simbolik dari Mead Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna Program Comunity Engagement Chevron Pacific Indonesia adalah penyampaian nilai-nilai yang diyakini perusahaan sebagai ï¿1⁄2the Chevron Wayï¿1⁄2 nilai-nilai universal yang mengharuskan tingkat integritas dan pencapaian tertinggi dari para pekerja dalam bekerja sama dengan mitra usaha, komunitas, pelanggan dan kolega. Sedangkan latar belakang CPI mengadakan program CE dalam bidang pendidikan ini karena masyarakat Suku Sakai karena masih dianggap sedikit tertinggal dalam kemampuan pendidikan. Serta Sosialisasi program CE oleh CPI dilakukan melalui tokoh-tokoh masyarakat Sakai dengan alasan tokoh-tokoh maupun kepala suku Sakai dianggap memiliki pengaruh yang besar di lingkungan Sakai