Daftar Isi:
  • Yudha Pratama, 210111100076. Jurusan Hubungan Masayarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Informasi Sosialisasi Pajak “TAX GOES TO CAMPUS” dengan Sikap Peserta terhadap Pajak”. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Drs. Iriana Bakti, M.Si. sebagai pembimbing pertama dan Bapak Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si. sebagai dosen pembimbing kedua. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara informasi sosialisasi pajak “TAX GOES TO CAMPUS” dengan sikap peserta terhadap pajak. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional. Menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Populasi dari penelitian ini adalah peserta sosialisasi pajak “TAX GOES TO CAMPUS” dari tahun 2009-2011 yang merupakan Mahasiswa dengan jumlah 150 orang dan sampel yang diambil 58 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Integrasi Informasi (Integration of Information Theory). Hasil penelitian menunjukan bahwa dari enam sub hipotesis yang diajukan seluruhnya diterima. Pengujian keseluruhan menunjukkan adanya hubungan informasi sosialisasi pajak “TAX GOES TO CAMPUS” dengan sikap peserta terhadap pajak. Kesimpulan penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang kuat antara bobot kualitas dan valensi pesan informasi sosialisasi pajak dengan sikap peserta tehadap pajak. Saran penelitian ini untuk meningkatkan informasi sosialisasi pajak dalam memperhatikan bobot kualitas yaitu sumber atau komunikator pada kegiatan sosialisasi sebaiknya adalah orang-orang yang sudah memiliki reputasi baik dalam bidang perpajakan. Kemudian hendaknya lebih banyak lagi materinya serta lebih jelas lagi dalam penyampaiannya, hal ini bertujuan agar aspek pengetahuan, perasaan dan tindakan peserta terhadap pajak lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.