Hubungan Antara Penggunaan Facebook Career & Alumni Services (C&A) Telkom Polytechnic Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Mengenai Karir
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yulia Radiani, 210111100136, 2012. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Hubungan AntaraPenggunaan Facebook Career And Alumni Services (C&A) Telkom Polytechnic: dengan subjudul Studi korelasional mengenaipenggunaanaplikasi jejaring sosial sebagai media informasi divisi Layanan Karir dan Alumni Politeknik Telkom Bandung. Pembimbing utama Dr. Evi Novianti, S.Sos., M.Si dan pembimbing pendamping Diah Fatma Sjoraida, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penggunaan facebook Career And Alumni Services (C&A) Telkom Polytechnic dengan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa mengenai karir pada aspek kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasanketegangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan korelasi Rank Spearman sebagai teknik analisis data. Sedangkan untukmenunjang dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran angket,observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini digunakanteknik pengambilan sampel yaitu acak sederhana. Sampel dalam penelitian iniberjumlah 96 orang yang terdiri dari anggota facebook Career And AlumniServices (C&A) Telkom Polytechnic yaitu mahasiswa Politeknik TelkomBandung. Hasil menunjukan bahwa hipotesis diterima. Penggunaan facebook Career And Alumni Services (C&A) Telkom Polytechnicmemiliki hubungan yangkuat dengan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa mengenai karir meliputiaspek kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasanketegangan. Kesimpulan penelitian ini menunjukan Penggunaan facebook Career And Alumni Services (C&A) Telkom Polytechnic memiliki hubungan yang kuat denganpemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa mengenai karir. Saran dalam penelitian ini yaitu, intensitas penggunaan agar meningkat sebaiknya ditingkatkan dalam hal frekuensi informasinya yang lebih serig lagi, agar mahasiswa lebih up-date infomasi tentang karir, informasi yang kuranglengkap semakin dilengkapi dengan link dan sumber yang jelas, agar timbuhpengetahuan dan pemahaman yang tinggi pada mahassiwa, dan membalas setiappertanyaan yang di ajukan agar mahasiswa lebih merasa dihargai dan kedekatanterjalin. ABSTRACT Yulia Radiani, 210111100136, 2012. Public Relations Department of the Faculty of Communication Sciences, University of Padjadjaran. RelationshipBetween Facebook Use And Alumni Career Services (C & A) Telkom Polytechnic:the subtitle correlational studies regarding the use of social networkingapplications as an information medium and Alumni Career Services divisionTelkom Polytechnic Bandung. Supervising principal Dr. Evi Novianti, S. Sos.,M.Si and assistant coach Fatma Sjoraida Diah, SE, M.Sc. This study aimed to determine whether there is a relationship between the use of facebook And Alumni Career Services (C & A) Telkom Polytechnic to meet the information needs of students about careers in the cognitive, affective, personal integrative, social integrative and tension release. The research method used is correlational research method with Spearman Rank correlation as data analysis techniques. As for the support in this study were obtained through the results of the deployment questionnaires, observation, interviews and literature study. This study used a random samplingtechnique is simple. The sample in this study amounted to 96 people consisting ofmembers of facebook And Alumni Career Services (C & A), namely TelkomPolytechnic Polytechnic students Telkom Bandung. The results showed that the hypothesis was accepted. Use facebook AndAlumni Career Services (C & A) Telkom Polytechnic has a strong connection withthe information needs of students about careers include cognitive, affective,personal integrative, social integrative and tension release. Conclusion This study shows use of facebook And Alumni Career Services(C & A) Telkom Polytechnic has a strong relationship with the fulfillment of theneeds of students on career information. Suggestions in this research, in order to increase the intensity of use should be improved in terms of frequency information more often, so that morestudents up-date infomasi career, missing information increasingly equipped withclear links and resources, so that the knowledge and understanding arise highstudents, and reply to any questions in the proposed order more students feelvalued and proximity intertwined.