PEMANFAATAN WEBSITE SAUNG ANGKLUNG UDJO SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian dengan judul “Pemanfaatan website Saung Angklung Udjo Sebagai Media Informasi Dan Promosi” ini disusun oleh Adhan Hardiansah, dengan NPM 210110060357. Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 2013 dengan pembimbing utama Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si dan pembimbing pendamping Heru Ryanto Budiana, S.Ag., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan website Saung Angklung Udjo sebagai media informasi dan promosi melalui proses pembuatan, cara penentuan isi dan tampilan dan dampak dari pemanfaatan dari media informasi Saung Angklung Udjo sebagai kegiatan promosi. Teori yang digunakan adalah Medium Teori McLuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif untuk mengetahui pemanfaatan website Saung Angklung Udjo sebagai media informasi dan promosi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi serta studi kepustakaan yang dilaksanakan sejak akhir desember 2011 hingga akhir Juli 2012. Hasil menunjukan bahwa proses pembuatan dibagi menjadi enam proses, yaitu perencanaan, perancangan, penyusunan, pengujian, promosi, dan pemeliharaan. Cara penentuan isi dibagi menjadi empat tahapan yaitu mencari, mengumpulkan, menyaring dan mengedit berita. Cara menetukan tampilan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu menentukan header desain, menentukan menu dan menentukan sidebar. Dan dampak dari pemanfaatan website terdapat tiga dampak, yaitu terhadap jumlah pengunjung, terhadap pendapatan perusahaan dan terhadap pengenalan budaya. Peneliti memberikan saran kepada PT. Saung Angklung Udjo sebagai pembuat website yaitu, pertama menambah SDM yang dimiliki agar kegiatan promosi dikelola secara lebih baik. Kedua menggunakan media promosi tambahan seperti iklan, poster dan selebaran. Ketiga, update informasi sekiranya dilakukan lebih sering lagi agar pengunjung tidak bosan dengan isi yang ada didalam website.