PELAKSANAAN ALIRAN INFORMASI DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat tentang “Pengaruh Aliran Informasi Dalam Komunikasi Organisasi Di Kantor Perpustakaan Umum dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis”. Tujuan pengetahuan ini untuk mengetahui : a) pelaksanaan aliran informasi dalam komunikasi organisasi vertikal ke atas, b) pelaksanaan aliran informasi dalam komunikasi organisasi vertikal ke bawah, c) pengaruh pelaksanaan aliran informasi dalam komunikasi organisasi horizontal dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan di kantor tersebut. Adapun hipotensi yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat Pengaruh aliran Informasi Dalam Komunikasi Organisasi di Kantor Perpustakaan Umum dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis”. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode eksplanasi denghan jumlah sampel sebanyak 23 orang responden. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dua sumber, yaitu pertama data primer yang berasal dari angket, dan data sekunder yang berdasarkan dari wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang kuat antara aliran informasi dalam komunikasi organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan di Kantor Perpustakaan Umum dan Kearsiapan Daerah Kabupaten Ciamis. Hal ini berarti bahwa aliran informasi dalam komunikasi organisasi di kantor tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Bukti adanya pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil pengumpulan dan analisis data yang digunakan dikaitkan dengan aspek teori, ternyata membuktikan adanya pengaruh aliran informasi dalam komunikasi organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan.