Hubungan Isi Pesan Media Internal Majalah KSG Dengan Sikap Karyawan Terhadap Perusahaan
Daftar Isi:
- ABSTRAK Erni Pratiwi, 210111100049, 2012. Universitas Padjadjaran-Fakultas Ilmu Komunikasi- Jurusan Hubungan Masyarakat. Penelitian ini berjudul “Hubungan Isi Pesan Media Internal “Majalah KSG” dengan Sikap Karyawan Terhadap Perusahaan”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Hj Hanny Hafiar M,Si. sebagai pembimbing utama dan Yustikasari, S.Sos., M.I.Kom,. sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan isi pesan media internal “Majalah KSG” dengan sikap karyawan terhadap perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 143 karyawan yang terpilih secara sampel starata secara golongankaryawan PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket, melakukan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan adalah Integrasi Informasi. Berdasarkan penyebaran angket, wawancara, observarsi dan studi kepustakaan dapat menunjukkan bahwa variabel X yaitu isi pesan media internal “Majalah KSG” memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel Y yaitu sikap karyawan terhadap perusahaan. Kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara valensi informasi dan bobot penilaian media internal “Majalah KSG” dengan sikap kognitif, afektif, dan konatif karyawan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar Divisi Protocolaire & Internal Communication selaku penanggungjawab dalam penerbitan majalah KSG perlu memperhatikan target/sasaran pembaca terlebih dahulu khususnya teknisi, menampilkan majalah KSG lebih menarik lagi dan membuat rubrik yang berfungsi menghibur agar memberikan hal yang menyenangkan kepada karyawan untuk melepas kejenuhan karyawan dalam bekerja. ABSTARCT Erni Pratiwi, 210111100049, 2012. Padjadjaran University-Faculty of Communication Sciences-Department of Public Relations. The study is titled "Internal Relations Media Message Body" KSG Magazine "Employee Attitudes Toward the Company". This study under the guidance of Dr. Hanny Hj Hafiar M, Si. as the main supervisor and Yustikasari, S.Sos., M.I.Kom,. as assistant coach. Based on disseminatioon of question from interview, observation, and inferensial to determine the relationship of the internal media message "KSG Magazine" with the attitude of the employees towards the company. This study uses correlational. Analytical techniques used in this research is descriptive and inferential analysis techniques. The sample in this research were 143 employees of PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk with strata sampling proposional. The data was collected by distributing questionnaires, interviews, observations and literature study. The theory used is Information Integration. The results showed that the variable X is an internal media message "KSG Magazine" has a significant relationship with the variable Y is the attitude of the employees towards the company. Conclusions of the study indicate that there is a relationship between the valence of information and media weight rating internal "KSG Magazine" with an attitude of cognitive, affective, and conative employees of PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Based on these results, the researchers suggested that Protocolaire & Internal Communication Division in charge of the magazine as KSG need to pay attention to the target / target readers beforehand especially technicians, featuring magazine KSG more interesting and entertaining making rubric that serves to provide a fun thing to employees for saturation employees in work release.