Daftar Isi:
  • Widya Syandra, 210111100007, 2013. Judul Penelitian Analisis Penerapan Iklan Televisi Berdasarkan Perbandingan Tingkat Loyalitas Merek Konsumen Kartu Seluler GSM Pra Bayar di Kota Bandung. Di bawah bimbingan H. Hadi Suprapto Arifin, Drs., M.Si selaku pembimbing utama dan Weny Widyowati, S.Sos., M.Si sebagai pembimbing pendamping. Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan penerapan iklan televisi berdasarkan perbandingan tingkat loyalitas merek konsumen dari masing-masing kartu seluler GSM pra bayar di kota Bandung, obyek dari penelitian ini adalah kartu seluler dengan merek Kartu As, IM3, XL, Three (3) dan Axis. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan untuk melandasi penelitian ini adalah teori pembelajaran pasif dari Krugman dan model piramida tingkat loyalitas merek oleh Aaker. Populasi untuk penelitian ini adalah semua konsumen kartu seluler GSM pra bayar yang diteliti, berdomisili di kota Bandung, dan berumur di bawah 24 tahun. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan teknik kuota. Penelitian dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 150 orang responden. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah semua tingkat piramida loyalitas merek konsumen terhadap masing-masing merek kartu seluler GSM pra bayar ternyata membentuk piramida terbalik. Ini mengindikasikan bahwa konsumen ternyata loyal terhadap merek yang mereka gunakan, akan tetapi tiap-tiap piramida tersebut belum bisa dikatakan ideal untuk dapat mencapai ekuitas merek. Penerapan periklanan perlu ditinjau dari masing-masing piramida, seperti Kartu As perlu menekankan pada peningkatan likes the brand dan mengurangi switcher/price buyer serta habitual buyer. IM3 perlu menekankan untuk meningkatkan likes the brand menstabilkan satisfied buyer dan mengurangi habitual dan switcher/price buyer. XL perlu menekankan untuk meningkatkan likes the brand dan pengurangan pertumbuhan switcher/price buyer. Three (3) perlu meningkatkan likes the brand dan mengurangi kecenderungan habitual serta switcher/price buyer. Axis perlu meningkatkan likes the brand dan mengurangi habitual dan switcher/price buyer.